Selasa, 30 April 2013

5 Senjata Laser Untuk Tujuan Perang Yang Pernah Diciptakan Manusia

posted by: Dunia Andromeda
(FOTO) 5 Senjata Laser Yang Pernah Ada Di Dunia
Selama ini mungkin sebagian dari kita masih belum yakin akan adanya senjata laser seperti yang ada di dalam film Star Wars. Namun seiring berkembangnya ilmu pengetahuan senjata laser bukan hanya sekedar fiksi tapi benar-benar ada pada saat ini. Berikut lima senjata laser luar biasa nyata.

Boeing YAL-1 Airborne Laser
Boeing YAL-1 Airborne Laser
Boeing YAL-1 Airborne Laser sejata yang di rancang untuk pertahanan dari sasaran rudal dengan system Chemical Oxygen Megawatt Yodium Laser (COIL). Senjata Laser ini Mampu menghacurkan Rudal balistik statis sebelum mencapai kecepatan puncak. Boeing YAL-1 Airborne Laser ini masih dikembangkan oleh Amerika Serikat dengan berbagai inovasi dan dengan biaya yang mahal sehingga  terhambat dalam produksi dengan skala besar.

Boeing HEL_MD Laser
Boeing HEL_MD Laser
Boeing HEL_MD Laser merupakan senjata perlindungan bagi angkatan darat Amerika yang masih dikembangkan. Setelah uji coba terhadap proyek Boeing HEL_MD Laser, banyak kalangan menilai jika senjata ini lanyak untuk di produksi bagi angkatan darat Amerika.

Boeing Laser Avenger
Boeing Laser Avenger
Senjata laser ini sedikit heroik diberi nama Laser Avenger.  Boeing Laser Avenger sebenarnya sudah tidak asing lagi karena sudah di produksi sejak tahun 1980-an dan digunakan sebagai pertahanan terhadap rudal jelajah, kendaraan udara tak berawak (UAV) dan ancaman udara lainnya. Selain itu senjata laser ini memiliki kelebihan yaitu mempunyai rudal untk memberikan posisi system pertahanan musuh.

Raytheon CIWS Laser
Raytheon CIWS Laser

Raytheon CIWS Laser ma mpu menembak pesawat tak berawak yang berkecepatan 300 mil/jam
Raytheon Laser CIWIS dikembangkan dari senjata laser berbasis gun Clese-In Weapon System (CIWS). CIWS memiliki beberapa kelemahan salah satunya hanya bisa menentukan sasaran pada jarak yang pendek, bahkan membutuhkan waktu beberapa detik untuk beralih target. Maka dari itu CIWS dikembangkan menjadi Raytheon CIWS Laser yang diresmikan pada tahun 2010.  Laser ini dirancang untuk menembak rudal dengan  jarak sasaran  lebih dari dua kilo meter dan mempunyai amunisi yang tidak terbatas selama ada sumber listrik untuk menciptakan foton. Dalam uji coba senjata laser ini mampu menghancurkan sebuah pesawat tak berawak yang berkecepatan lebih dari 300 mil/jam. Namun senjata canggih ini masih mempunyai kekurangan sangat sukar digunakan di laut.

1K17 Szhatie (Soviet Laser Tank)
1K17 Szhatie (Soviet Laser Tank)
Kendaraan lapis baja ini sangat dibanggakan oleh Soviet, mereka menyebutnya  ‘Tank Laser’ yang dikembangkan pada tahun 1970an dan 1980an dirancang untuk mematikan system elektronik musuh.  Senjata ini benar-benar sangat ampuh dalam pertahanan namun pembuatannya sangat mahal, sehingga program untuk produksi dengan skala besar sampai sekarang terbengkalai.

(Dari Berbagai Sumber)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...