Selasa, 16 Juli 2013

Ushuala : Inilah Kota Paling Selatan Di Bumi

posted by: Dunia Andromeda
Inilah Kota Paling Selatan Di Bumi
Puerto Williams di Chile terletak pada garis lintang 54"56 sehingga membuatnya dinobatkan sebagai pemukiman paling selatan di dunia. Puerto Williams berpenduduk 2.250 jiwa sehingga lebih cocok dikatakan sebagai sebuah desa daripada sebuah kota.
Ushuaia Map
Peta letak geografis Ushuaia dan Puerto Williams

Sedangkan Ushuaia di Argentina, dengan populasi hampir 57.000 jiwa dianggap sebagai kota paling selatan di bumi. garis lintangnya hanya sedikit ke utara dibandingkan Puerto Williams, yaitu 54"58. Kota Ushuaia yang terletak di pesisir selatan Tierra del Fuego awalnya dikenal dengan nama Yamana. Nama tersebut diberikan oleh seorang misionaris Inggris berdasarkan bahasa lokal.
Downtown ushuaia
Downtown Ushuaia, dengan latar belakang pegunungan

Indahnya sudut pelabuhan Ushuaia dengan kapal pesiar besar sedang berlabuh

Pemerintah Argentina menetapkan Ushuaia sebagai koloni kaum "pesakitan" pada tahun 1880 seiring dengan dioperasikannya penjara disana. Namun karena alasan kemanusiaan, penjara-penjara tersebut ditutup pada tahun 1947. Tetapi sejumlah orang sejumlah orang yang (pernah) bekerja di penjara tersebut tetap tinggal di Ushuala meskipun penjara tersebut sudah ditutup.

Keindahan kota Ushuaia dilihat dari laut

Lalu bagaimana kota Ushuala tetap eksis sampai sekarang? Pariwisata, perikanan, gas alam, dan manufaktur saat ini menjadi sumber ekonomi Ushuala. Ushuala pun memiliki persyaratan untuk disebut sebagai kota modern karena memiliki bandara internasional, rumah sakit, sekolah, universitas dan sarana transportasi publik.

(Geoweek, Lonely Planet, Wikitravel)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...