Sejak 1940, isu tentang rasisme merebak luas di dunia, khususnya di Amerika. Perbedaan warna kulit atau ras yang menjadi hal utama dan paling mudah dikatakan rasis. Di Amerika yang memiliki populasi kulit putih dan kulit hitam yang sangat banyak membuat rasisme sempat menjadi hal yang benar-benar mengerikan. Kulit hitam atau yang juga dikenal dengan Afro-American kerap kali mendapat teror, meskipun mereka tidak melakukan sesuatu yang salah. Hanya saja ada anggapan bahwa kulit hitam tidak layak menempati wilayah yang sama dengan kulit putih. Anggapan lain juga mengatakan bahwa kulit hitam adalah kaum buruh miskin yang tidak seharusnya diperlakukan sama dengan mereka para kulit putih. Beberapa kisah mengharukan bahkan diangkat menjadi film, diantaranya adalah :


Glory Road

Glory Road Wallpapers
Film yang bercerita tentang seorang pelatih basket SMA kulit putih Texas Western ‘Miners’ bernama Don Haskins (diperankan Josh Lucas), yang harus mencari pemain yang bagus untuk timnya, namun tidak dengan anggaran yang cukup. Sehingga ia mencari pemain yang tak lazim pada waktu itu (setting cerita pada tahun 1966 dimana rasisme masih sangat kental di Amerika), ia merekrut pemain kulit hitam sehingga timnya didominasi oleh 12 pemain kulit hitam dan hanya 5 pemain kulit putih. Saat itu, pemain kulit putih dianggap lebih memiliki karakter unggul dibanding pemain kulit hitam. Film yang dirilis pada 2006 ini menceritakan betapa tindakan rasisme yang dialami anggota tim ‘Miners’ yang sangat mengerikan.

Men Of Honor

Film ini bercerita tentang Carl Brashear (Cuba Gooding Jr.) seorang pria Amerika yang merupakan satu-satunya kulit hitam yang berhasil masuk ke kesatuan angkatan laut Amerika. Perbedaan ras tersebut yang membuat Carl mendapat banyak perlakuan yang tidak sama. Meskipun Carl telah melakukan semua ujian dengan baik, dan sekali waktu peralatan selamnya disabotase hingga ia hampir kehilangan nyawanya. Juga ketika Carl yang putus asa karena satu kakinya harus diamputasi karena sebuah insiden, Carl harus membuktikan dirinya masih mampu menjadi bagian dari angkatan laut.

Remember The Titans


 

Kisah nyata tentang sebuah tim football yang beranggotakan dua ras berbeda di TC William High School di Virginia. Film berlatar tahun 1971 ini menceritakan tentang pelatih Herman Boone yang ingin mempersatukan timnya meskipun mereka berasal dari ras yang berbeda.  Akhirnya perubahan terjadi saat pelatih Boone mengajak para anggota tim untuk lari kedaerah lapangan tempat terjadinya pertempuran Gettysburg. Pertempuran paling berdarah dalam sejarah perang sipil Amerika Serikat saat ribuan orang kulit putih dan kulit hitam tewas akibat perang saudara. ‘Why that war was fought, the same fight we are still having today’) adalah ucapan yang dilontarkan Coach Boone diatas lapangan tempat terjadinya perang saudara yang dipicu oleh kedengkian akibat perbedaan warna kulit (yang mungkin sampai sekarang masih terjadi).

Cool Runnings

Screening of 'COOL RUNNINGS'

Film berdasarkan kejadian nyata ini memang tidak menceritakan rasisme secara kasar, namun cukup menghibur saat empat orang Jamaika pemberani yang ikut dalam ajang Olimpiade Musim Dingin 1988 di Calgary, Kanada. Sangat aneh karena Jamaika yang tidak pernah merasakan musim dingin ternyata turut serta dalam lomba Bobsled atau kereta luncur. Mereka mengalami diskriminasi dan tindakan tidak adil. Tak heran mereka mendapatkan perlakuan tersebut karena baik tim Jamaika dan Pelatih Irving Blitzer sama sama tidak disukai semua orang. Tim Jamaika tidak disukai karena dianggap hanya akan mempermalukan diri sendiri jika ikut olimpiade musim dingin, sementara pelatih Irv pernah melakukan kesalahan besar pada masa jayanya, sehingga ia pun tidak disukai para juri.