Kamis, 22 Maret 2012

Hagfish : Ikan Pemakan Bangkai

posted by: Dunia Andromeda
Ikan Hagfish (sciblogs.co.nz)


Hagfish adalah jenis ikan pemakan bangkai ikan yang diyakini memiliki hubungan dengan vertebrata tertua yang ada.

Ikan ini dikenal sebagai ikan yang memiliki cara jahat makan. Jika ada bangkai yang teronggok di dasar laut, maka, itu akan mencari lubang di bangkai. Dari lubang yang kemudian hagfish makan ikan.

Ketika makanan sudah, ikan Hagfish tidak hanya makan makanan dari mulutnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh ikan, peneliti, Hagfish juga makan melalui kulit dan insang.

Tak heran bila ikan ini buta mencoba untuk tergelincir ke dalam lubang bangkai makhluk mati. Alasannya, karena ia bisa masuk ke dalam, akan menyerap nutrisi yang sangat terkonsentrasi.

Sejauh ini, hanya hewan invertebrata (yang memiliki tulang belakang tidak) yang menyerap makanan dari kulit, seperti cacing atau moluska. Namun, tidak ada hewan vertebrata (bertulang belakang) yang dapat melakukannya.

"Kemampuan makhluk-makhluk yang dimiliki selain menghilangkan kotoran yang tebal dan panjang saat dia terganggu, organ mirip taring dekat mulut yang berguna untuk mengeksplorasi lingkungan," kata Carol bucking, peneliti dari Universitas British Columbia dan Bamfield Ilmu Kelautan Pusat Kanada, seperti dikutip dari LiveScience
Peneliti membuktikannya dengan menyediakan dua jenis asam amino yang merupakan blok dasar protein analog dengan nutrisi yang biasa ditemukan di bangkai ikan.

Hasilnya, Hagfish ikan memiliki mekanisme molekuler dalam jaringan kulit sehingga untuk memindahkan asam amino terakhir ke tubuhnya. Studi ini sendiri diterbitkan dalam volume terbaru dari jurnal Proceeding of Royal Society B: Biological Sciences. 
Hagfish ikan sistem pencernaan merupakan transisi antara sistem yang digunakan oleh invertebrata air lainnya seperti cacing, dengan vertebrata yang memiliki sistem pencernaan khusus sebagai manusia.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...